Monday, March 19, 2007

Soal Ujian Tengah Semester 20070320

Soal Ujian Tengah Semester
Jurusan Ilmu Komunikasi
Universitas Atmajaya Yogyakarta

Mata Kuliah: Editorial dan Penyuntingan Berita
Sifat: Open Book/Take Home
Dosen: A Ikhwanudin SSos

Soal Pertama:

Berikut ini adalah berita ‘’mentah’’ yang dikirimkan oleh wartawan di lapangan, silakan Anda edit sehingga menjadi berita yang layak muat. Berikan juga JUDUL BERITA (kalau perlu dilengkapi dengan SUB JUDUL). Sebutkan pula kekurangan yang terdapat dalam berita ‘’mentah’’ tersebut. Misalnya kekurangan data, seumber berita dan sebagainya.

Berita mentah I:

JOGJA-Arena bermain merupakan salah satu kebutuhan dasar khususnya bagi anak usia balita. Karena dengan adanya arena tersebut juga bisa menumbuhkan daya imajinasi serta bisa mengupas kecerdasan si anak dalam berkreasi. Peluang tersebut kiranya dibidik pihak Gardena Department Store yang ada di Jalan Urip Sumoharjo dengan melengkapi koleksinya.
Di sampang itu, usaha tersebut bisa dikatakan cukup menjanjikan. Pasalnya dengan kesibukan orag tua terkadang hanya bisa meluangkan waktu sejenak dengan si buah hati dengan membawanya bermain di tempat yang menyediakan arena bermain anak. Salah satunya Game Zone Gardena Dept. Store yang berada di lantai 4 retail tersebut.
“Pengunjung bisa menikmati aneka hiburan anak. Misalnya arena bermain dengan satu koin, anak-anak bisa menunggangi puluhan mesin koin berbentuk aneka binatang, pesawat terbang, kereta api serta berbagai alat transportasi lain yang bisa bergerak selama beberapa menit,” ungkap Bagian Promosi Gardena, Andi Santoso, ditemui dikantornya kemarin .
Di tempat yang sama, puluhan machine games coin dilengkapi dengan monitor besar juga tersedia di sini. Pilihannya beragam mulai olahraga hingga adu ketangkasan. “Di Gardena juga disediakan berbagai motor serta mobil mini dengan kekuatan accu baterry sebagai daya geraknya. Dengan arena cukup luas, si buah hati bisa bebas berkeliling dengan motor dan mobil mini ini, dan cukup dipantau dari jauh,” tuturnya
Di sisi lain, ada arena boom-boom car di tempat tersebut. Untuk menikmati memang disarankan untuk didampingi orang tua dan si anak bisa merasakan kepuasan bermain. Ada juga arena mandi bola yang cukup luas. Untuk infomasi, baru-baru ini Gardena melengkapi koleksi arena bermainnya dengan penambahan arena pasir putih. “Sejak disediakan arena pasir putih ini, minat anak untuk bermain di Game Zone Gardena juga semakin banyak. Pasalnya tidak banyak tempat yang menyediakan arena serupa di Jogja. Karena perlunya ijin khusus,” tukas Andi. (*)

Berita mentah II:

SLEMAN- Mencuatnya kasus dugaan korupsi pengadaan buku di Kabupaten Sleman tampaknya berdampak besar pada psikologi karyawan pemkab. Saat ini terjadi kecenderungan para pejabat eksekutif di lingkungan di Sleman memilih vakum dari kegiatan daripada berurusan dengan aparat penegak hukum. Mereka rata-rata takut menjadi pelaksana kegiatan. Kelesuan ini terlihat dari beberapa fakta yang terjadi. Antara lain hampir seluruh kegiatan di lingkungan pemkab cenderung menunggu pengesahan APBD 2007 secara formal oleh Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono. Padahal, tidak sedikit kegiatan yang harus segera dillaksanakan secara cepat. ” Banyak karyawan yang keder menjadi pantia lelang atau pelaksana,” ujar anggota komisi C DPRD Sleman Endri Nugraha Laksana kepada Radar Jogja kemarin.
Selain takut menjadi panitia pelaksana kegiatan, dampak kasus dugaan korupsi tersebut juga membuat pelaksanaan kegiatan tertunda. Seperti pembuatan talud kali bedok dan pengananan bencana angin putting beliung yang sampai saat ini belum bisa dilaksanakan karena APBD belum mendapat pengesahan gubernur. Padahal, kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan dan membahayakan. ”Para pejabat takut mendahahuli anggaran. Seperti putusnya jaringan telepon di dewan kan karena takut mendahului anggaran. Ini kan ironis sekali,” katanya.
Diungkapkan juga pegawai negeri sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Sleman juga cenderung tidak bersedia menjadi bendahara kegiatan. Alasannya, rata-rata takut terjerat hukum. ”Banyak yang menghindar dan memilih tugas lain,” katanya.
Menurutnya, kondisi ini menurutnya tidak sehat. Fenomena seperti ini tidak boleh dibiarkan terus menerus. Sebab, akan menjadikan jalannya roda pemerintahan tersendat-sendat dan berdampak pada pelayanan publik. ”Kondisi ini tidak bisa dibiarkan terus menerus. Kasihan masyakarat dan yang rugi nanti adalah Sleman sendiri,” tuturnya.
Untuk itu, Endri minta bupati sebagai kepala daerah membuat sikap bersama terkait regulasi dari pemerintah pusat. Sehingga, jangan sampai kegiatan di daerah yang dilandasi semangat profesionalisme dan kesejahteraan rakyat hanya dikalahkan oleh sentimentil politis. ”Bupati sebagai kepala daerah harus bisa menyelesaikan kondisi ini,” pintanya.
Sedang untuk pemerintah pusat, ia juga berharap memberikan jaminan kepastian aturan di daerah. ”Jangan sering merubah-rubah regulasi seperti undang-undang, peraturan pemerintah, surat edaran atau yang lain. Sebab, selama yang terjadi aturan yang ada sering berubah-ubah. Bahkan ada beberapa yang justru saling berbenturan. Kalau seperti itu, bagaimana daerah bisa bekerja dengan profesional dan tenang,” tegasnya. (*)

Soal kedua;

Buatlah editorial mengenai topik: Adanya desakan berbagai kalangan tentang perlunya reshuffle kabinet. Silakan Anda mengikuti berita mengenai topik tersebut di media massa. Agar editorial yang Anda buat dilandasi dengan data yang tepat dan akurat.

Soal ujian cukup dua saja. Silakan Anda kirim soal ujian tersebut dengan dua format:

Soft copy: kirimkan jawaban ke tiga alamat email saya:
iwanudin@yahoo.com
ikhwanudin@gmail.com
iwa@jawapos.co.id

format pengiriman via email:
subject: UJIAN MID [NO MHS] [NAMA MAHASISWA]
hal ini untuk memudahkan saya mengorganisasi jawaban yang Anda kirimkan.

Hard copy: kumpulkan tugas Anda ke Bagian TU Jurusan Komunikasi UAJY, sekalian Anda membubuhkan tanda tangan sebagai bukti anda mengikuti ujian tengah semester yang saya berikan ini.

INGAT: Kejujuran, ketelitian, kecepatan, kecermatan, kerapian Anda mengerjakan tugas memengaruhi penilaian dari saya.

Selamat mengerjakan dan selamat berjuang hehehe

Salam

iwa

No comments: